DSC_8612

Masterwebnet: Orang Bandung Ramai-Ramai Bikin Website

Kota kembang yang damai dan jauh dari hiruk-pikuk kerusuhan serta langka disentuh demonstrasi yang kerap menghebohkan ini memang terkesan lesu dalam perkembangan ITnya. Sektor ini sepertinya didominasi oleh para pakardari ITB dan jumlah dotcom masih sangat minim. Menurut seorang pengamat internet yang enggan disebut namanya, hal ini disebabkan bandara Bandung belum berskala internasional sedangkan untuk memodali bisnis dotcom kita masih memerlukan suntikan dana investor asing.

Lepas dari masih samarnya perwujudan ide Silicon Valley di Bandung, belakangan bermunculan situs-situs hasil rancangan penghuni Paris van Java yang mulai tertular wabah macet ini. Situs-situsnya masih bersifat city guide seperti bandung.com, bandungsite.com dan kotakembang.com. Pengelola bandung.com sendiri mengaku baru pertama kali terjun dalam bisnis ini. Ada lagi anakbandung.org yang merupakan kreasi anak muda Bandung dan membidik pangsa netter usia remaja sampai mahasiswa.

Fasilitasnya cukup lengkap dan desainnya menarik. Di sini visitor dapat melakukan download cuma-cuma beberapa software dan mengikuti kursus gratis dari link yang tersedia. Parijsvanjava.com yang merangkul K-Lite FM dan Star FM sudah mulai beragam dalam hal content meskipun slogannya berbunyi Your Online Guide to Bandung City. Untuk menarik pengunjung, situs ini menyediakan kanal iklan baris, info karir (berisi tips-tips seputar karir), kampus, fashion, seluler, sampai otomotif, kid, wisata dan direktori.

Dunia IT Bandung seperti menggeliat ketika LKBN Antara meluncurkan braganet.com dengan slogan Reliable News Storenya. Sayangnya, kebanyakan netter yang penulis wawancarai malas mengunjungi situs ini sebab mereka harus menjadi anggota dan membayar untuk mengakses berita-berita yang diperlukan. Munculnya ciumbuleuit.com merupakan langkah yang berani sebab webmasternya menjadikan komunitas penduduk Ciumbuleuit sebagai sasaran. Situs ini belum launching sempurna tetapi design awalnya cukup unik dan tidak memberatkan akses.

Di bawah semboyan Portal Komunitas Sunda, sundanet.com unjuk gigi dengan content yang menyelipkan kata-kata berbahasa Sunda guna mengakrabkan pengaksesnya. Selain panduan dalam kanal Profil Jabar, SEni dan Budaya, Potensi Ekonomi, dan sebagainya, sundanet.com juga menyediakan link ke situs-situs seperti batakweb.com dan minangnet.com, termasuk surat kabar terbesar di Jawa Barat, pikiran-rakyat.com. Sejauh ini belum ada portal atau situs orang Bandung yang memiliki ciri khas tersendiri, bukan sekedar online city guide, namun sebagai penduduk kota kembang ini, penulis cukup bangga melihat kegairahan industri dotcom yang perlahan tapi pasti.

Rini Nurul Badariah, Koresponden Jakwebcom Bandung dan content editor ajangkita.com.

*** dikutip dari:
http://www.master.web.id/tutorial/penulisan/orang_bandung_bikin_website.htm (2001)