1

Ahmad Heryawan Menghimbau PNS Memakai Sepatu Cibaduyut

Beberapa saat yang lalu, tepatnya pada Selasa (15/1) Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meninjau sentra sepatu Cibaduyut. Beliau menemui kelompok-kelompok pengusaha sepatu di kantor Balai Pengembangan Perindustrian Persepatuan Cibaduyut-Bandung.

Selesai berdialog dengan perajin dan pengusaha sepatu Cibaduyut, Ahmad Heryawan langsung mengunjungi bengkel pembuatan sepatu untuk menyaksikan langsung proses produksi. Beliau mengatakan kepada wartawan di sela-sela kunjungannya, “Saya akan mengupayakan industri sepatu Cibaduyut kembali menjadi barometer persepatuan nasional. Ini komitmen, kita wajib mendukung produksi dalam negeri.”

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah beliau akan menggelorakan kecintaan warga terhadap sepatu Cibaduyut. Khusus kepada pegawai negeri sipil (PNS) di kawasan Bandung Raya dihimbau untuk memakai sepatu Cibaduyut. Sementara PNS di kabupaten/kota lain se-Jabar, juga dihimbau memilih Cibaduyut atau produk sentra sepatu di kabupaten/kota lain, seperti di Ciomas, Bogor, Tasikmalaya, atau Garut.

Mengenai daya saing, pelaku industri sepatu Cibaduyut perlu bekerja keras untuk meningkatkan daya saing, ungkap Heryawan. Pemerintah provinsi Jawa Barat akan membantu agar sepatu Cibaduyut mendapat standardisasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Pemerintah juga akan memberikan pelatihan dan penyediaan tenaga ahli lebih intens lagi, janjinya.

Dagang sepatu

Cibaduyut menjadi kenangan tersendiri bagi Ahmad Heryawan karena pada waktu beliau kuliah antara tahun 1988 sampai 1990 rutin ke Cibaduyut untuk membeli sepatu di sini kemudian dijual di Jakarta. Di hadapan para pengusaha dan pekerja, Heryawan menyatakan, dirinya membiayai kuliah antara lain dari hasil berdagang sepatu kebanggaan warga Jabar ini.

Sumber: Galamedia